Moody

Pernahkah Anda merasakan perasaan seperti ini “BETE” atau akronim dari Bored Totally BT juga merupakan singkatan dari Boring Today, Boring Time atau Bad Temperede. Yang maknanya adalah “ngebosanin” Bosan Total. Merupakan perasaan yang dirasakan seseorang. karena disebabkan kebosanan terhadap sesuatu. Perasaan ini membuat tidak nyaman, terkadang sangat menggangu aktivitas.
Perasaan BT bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Pemicunya juga bisa disebabkan oleh banyak hal, dan barangkali berbeda pada semua orang. Misalnya karena diperlakukan dengan menyebalkan atau menjengkelkan oleh orang lain. Atau dikecewakan, atau hanya karena lama menunggu bisa menyebabkan BETE. Pada saat Bete ini seseorang itu menjadi cemberut, moody. Mudah tersinggung dan kalau bicara ia tak sadar kalau dia menjadi ketus.
Perasaan seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan baik jika kita cerdas memandang sesuatu. Ketika seseorang sedang bete, kebanyakan orang akan melakukan hobi yang paling dia sukai. Jika ia suka menulis, maka dia akan menulis sesuatu apa yang paling dibencinya. Kemudian dia akan membaca berkali-kali tulisan itu. Dan menurutnya itu cukup ampuh untuk mengembalikan moodnya menjadi lebih baik.
Bisa juga menulis bukan sesuatu yang paling dibenci. Tetapi menulis apa saja yang pada saat itu yang paling enak untuk di tulis. Ternyata mampu menguragi BETE. Selain itu, mendengarkan musik yang paling disukai, dan menikmatinya akan membantu untuk mengatur kembali perasaannya.
Banyak cara sebenarnya yang dapat dilakukan saat BETE. Jalan-jalan, nonton, mancing atau apa saja yang menurut anda itu menyenangkan. Bisa mengurangi perasan bete.
Sebuah nasehat dari seorang dokter juga pernah saya dengar, ia mengatakan bahwa jika anda sedang bete maka jangan lawan rasa itu. Ikuti saja dan nikmati. Hmm begitu kah? Bisa jadi karena saat kita melawan keadaan itu bisa membuat stress.
Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan adalah selalu berpikiran positif pada semua keadaan. Apapun yang menyebabkan kebosanan sikapi saja dengan biasa. Dan mencoba mengambil hikmah dari kejadian itu. Dan jangan mudah terbawa arus dan terpengaruh oleh situasi.
Memang sulit mengendalikan perasaan yang sedang BETE. Apalagi jika anda seorang yang sangat sensitive. Tapi yakin dan percayalah semuanya akan membaik. Kuncinya agar bisa terhindar dari BETE adalah. Pakai istilah EGP (emang gue pikirin) aja deh. Acuh sajalah, cuek aja lagi! Yang penting happy.

Source: kesehatan.kompasiana.com

Post a Comment