Makan Ngebut Bisa Bikin Kegemukan

Ada ungkapan “lebih cepat lebih baik”. Buat beberapa hal, ungkapan ini emang ada benernya. Tapi bukan berarti semuanya mesti serba cepat. Salah satunya adalah saat kita makan. Kalo kita makan terlalu cepat ternyata bisa berakibat buruk bagi tubuh kita. Sebuah studi atau penelitian menyimpulkan kalo kebiasaan makan cepet-cepet atau ngebut, bisa bikin kita lebih gemuk.
Studi ini nggak jauh beda sama nasehat ortu sejak jaman dulu, kalo ngunyah makanan minimal dikunyah 20 kali sebelum ditelan. Penelitian itu menyimpulkan kalo orang yang nelan makanan lebih cepat cenderung makan lebih banyak dibanding orang yang makan dengan santai atau lebih pelan.
Menurut para peneliti, kebiasaan makan cepet bisa menghentikan produksi hormon di usus yang biasanya menjadi pengerem nafsu makan di otak manusia. Jadi, hormon yang mestinya ngasih tanda ke otak kalo makanan di perut udah penuh jadi nggak berfungsi. Buntutnya, orang itu nggak merasa atau telat kenyang dan jadi keterusan makan.
Profesor Stephen Bloom, seorang peneliti dari Inggris, bilang kalo tren makan cepat biasa dijalanin pekerja kantoran atau orang-orang yang sibuk. Kebiasaan seperti itu bisa ngedorong terjadinya obesitas alias kegemukan. “Makan dengan cepat sambil kerja di depan komputer bisa mempercepat resiko obesitas. Nggak ada salahnya makan dengan lebih santai dan terkontrol. Kebiasaan itu justru bisa ngebuat kita lebih langsing,” kata Profesor Stephen baru-baru ini.
Banyak orang yang udah tahu kalo makan cepat bisa menimbulkan konsumsi berlebih dan obesitas. Tapi tetap saja banyak orang yang sulit menghentikan kebiasaan buruknya itu. Wah, kalo gitu jangan makan cepet-cepet lagi deh, dibawa santai aja.

Source: detik.com 

Post a Comment